Wednesday, August 3, 2011

Arti managemen resiko




Resiko adalah suatu kejadian buruk yang tidak bisa di duga kapan akan terjadi yang bisa di kaitkan dengan bermacam kemungkinan tergantung pada situasi dan kondisi misalnya terjadinya kerugian suatu hal yang bisa mengancam visi dan misi organisasi .
Resiko dapat terjadi dalam beberapa hal:
1.Pelayanan.
2.Kinerja.
3.Reputasi dan institusi yang bersangkutan yang di sebabkan oleh berbagai factor antara lain seperti:
*Kejadian alam
*Operasional
*Manusia
*Politic
*Technology
*Pegawai
*Keuangan
*Hukum
*Management organitation
Sedangkan factor lain penyebab terjadinya kerugian:
1.Resiko rendahnya kinerja instansi yang berasal dari rendahnya kualitas pelayanan kepada public
Resiko yang berkaitan dengan public menuntut adanya keterbukaan dan peningkatan kinerja dengan dana yang minim oleh sebab itu diperlukan adanya pemahaman terhadap resiko untuk dapat menentukan prioritas strategy sebagai program untuk mencapai tujuan organisasi.
2.Factor sumber daya manusia (SDM) yang di miliki organisasi operasional misalnya adanya keterbatasan sarana/fasilitas kantor yang menyebabkan tidak tercapainya misi dari instansi dan hilangnya kepercayaan dari public.
Resiko yang di kaitkan dengan managemen resiko (risk management) yang perannya di harapkan bisa mengantisipasi lingkungan akan cepat berubah untuk mengembangkan corporate governance mengoptimalkan penyusunan strategic management, mengamankan sumber daya dan asset yang di punyai organisasi dan mengurangi reactive decision making dari managemen puncak.
Risk management  di harapkan dapat menjadi pedoman untuk organisasi demi tercapainya tujuan visi dan misi yang harus di lakukan secara terus menerus (rutin) dan di perlukan adanya  pengawasan berkala dan bukan one time event.
Written by ester kusumanegara