Sunday, November 6, 2011

Hati-Hati Narsis Menggunakan Gadget, Berujung Duka!

Di zaman yang serba gadget sekarang ini kita sering kebablasan dalam menggunakannya. Perilaku narsis yang biasa kita lakoni seringkali akhirnya menjerumuskan diri sendiri dalam masalah. Kebiasaan orang menggunakan gadget, entah itu HP atau Notebook, Laptop dan segala hal terkait didalamnya menggoda setiap orang untuk mengabadikan dirinya sendiri. Setiap saat dalam setiap kesempatan orang berusaha untuk menunjukkan perilaku narsisnya.

Bagimana tidak gadget mempermudah segalanya. Jika dulu untuk berfoto anda harus pergi dulu ke studio foto. Atau kalau punya kamera sendiri anda bisa foto kapan saja, tapi tidak dapat langsung menikmati hasilnya. Tetap harus ke studio foto lagi untuk mencetaknya.

Dengan kecanggihan tekhnologi sekarang, anda tak perlu bersusah payah melakukan itu. Cukup jepret sana sini, foto langsung jadi dan bisa dapat langsung anda nikmati hasilnya. Bahkan yang menikmati itu bukan hanya diri anda sendiri termasuk orang banyak karena anda langsung upload ke jejaring sosial, FB, G+ YM atau yang lainnya. Anda semakin senang karena foto-foto diri anda itu juga mendapat komentar dari sahabat-sahabat anda.

Perilaku narsis anda semakin menjadi. Kepuasan itupun tidak pernah ada, karena keinginan anda untuk mendapatkan foto diri terbaik terus berkobar. Bahkan untuk sebagian orang berfoto bukan hanya untuk mendapatkan hasil yang cantik. Sedang tidur ngorokpun di foto. Perilaku narsis seperti ini sepertinya memang sudah menyerang banyak orang, tidak terkecuali diri saya juga hehe.

Coba saja disaat anda nganggur, lalu anda memandangi laptop anda yang memiliki camera, atau Hp yang memiliki fasilitas yang sama. tergoda ga ? ahh masak ga tergoda sih? Jujur nih ? saking tergodanya bahkan orang tidak lihat-lihat situasi lagi. Habis mandi masih dengan handuk di jepret, pake baju seksi di jepret. Report ga tuh ?

Ingat Ariel ? Nah dia bukan mengabadikan dirinya sendiri malah, tapi berdua hahaha. Heboh khan ya ? Ini hobi gadget apa maniak ? Ga ada bedanya. Belum lagi kasus Marshanda, yang merekam dirinya sendiri tengah bernyanyi dan mengumpat temannya kemudian diupload di Youtube. Menghebohkan. Mau kasus yang lain ? Terlalu banyak video atau foto “dewasa” bertebaran dimana-mana. Semuanya karena kelewat nekad mengabadikan dirinya sendiri dan orang lain

Sah-sah saja sebenarnya hobi berfoto ria untuk dilakukan. Tetapi anda tetap harus hati-hati. Meskipun itu hp, laptop atau notebook punya anda sendiri. Belum tentu aman untuk diri anda. Nah bagaimana jika suatu ketika gadgetnya sudah bosan dengan anda trus tiba-tiba rusak atau bermasalah. Lalu dibawalah ke tempat service. Dengan berat hati gadget kesayangan anda harus nginap 2 malam di sana. Pada saat gadeget itu nginap, si servicemen gregetan membukanya, apalagi yang punyai cewek cantik. Siapa yang gak tergoda untuk membuka data yang tersimpan?. Disaat reparasi ketahuanlah semua yang tersimpan, bahkan yang terhapuspun bisa di copy lagi. Ckkk ckkk bahaya kan jika di dalamnya banyak foto serem?

Atau jika suatu hari anda ingin ganti baru gadeget anda. Dengan menjual atau tukar tambah. Atau mungkin karena sangat dermawan, dihadiakan ke orang lain. Tanpa sadar semua foto-foto yang dihapus tersebut masih bisa dikembalikan lagi oleh pemegang gadeget yang sudah tak anda pakai itu. Celakalah anda, karena semua foto-foto anda diselamatkan olehnya.

Kalau sudah begini, anda mau nangis bombaypun (kayak film India aja) sudah terlambat. Jadi berhati-hatilah menggunakan gadeget anda. Silakan lanjutkan narsisnya, tapi tetaplah pada aturan nilai-nilai yang sepantasnya. Jangan mengumbar diri sevulgar-vulgarnya di depan kamera. Karena akibat ulah narsis ini ujung-ujungnya anda bisa kena masalah, bisa dijerat hukum dan dipenjara.  Kita sudah banyak mendapati kasus orang-orang yang kena masalah hukum karena kecerobohan mereka sendiri. Mari Belajar dari mereka karena duka dan penyesalan anda tidak akan berarti apa-apa lagi saat itu. Sebelum terjadi lebih baik waspada dari sekarang.

http://teknologi.kompasiana.com