Tuesday, November 15, 2011

Berbagai manfaat bir



Bir sering disebut sebagai minuman yang nikmat untuk diteguk saat dingin menyerang. Minuman beralkhol yang banyak digemari para pria dari berbagai belahan dunia ini ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Penasaran? Yuk, kita simak penjelasan di bawah ini.

1. Bir dapat memangkas risiko terserang gangguan jantung

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh para ahli dari Universitas Muenster menemukan, mereka yang gemar minum bir memiliki risiko lebih rendah terserang jantung koroner. Alasannya cukup simpel. Itu karena alkohol dapat meningkatkan HDL atau kolesterol baik yang dapat menjaga kesehatan arteri juga bagian-bagian lain pada jantung.

2. Kaya akan vitamin

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli Belanda di NO Nutrition dan Food Research Institute menemukan, peminum bir memiliki tingkat vitamin B6 yang lebih tinggi dalam tubuh, jika dibandingkan yang tidak. Jumlahnya bahkan dua kali lebih besar dari mereka yang gemar minum anggur merah.

3. Melindungi ginjal

Bir dapat menurunkan risiko terserang batu ginjal hingga 40 persen. Demikian hasil penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Epidemiology. Meski belum menemukan bagian spesifik dari bir yang memberikan efek baik ini, namun hasil penelitian dapat membantah berbagai teori yang menyebutkan bir sebagai salah satu faktor rusaknya ginjal.

4. Sahabat baik bagi wanita berusia lanjut

Penelitian dari Harvard menemukan, wanita paruh baya yang gemar mimun bir memiliki kondisi mental lebih baik dan tulang lebih padat. Hal ini dikarenakan bir mengandung semacam zat yang mirip dengan estrogen, hormon wanita yang berkurang seiring usia.

5. Mencegah Kanker

Kandungan xanthohumol dalam bir terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Kini banyak ahli kesehatan tengah menguji manfaat bir bagi pasien dengan kasus kanker prostat dan usus besar.