Saturday, December 10, 2011

Efek duduk terlalu lama



Duduk terlalu lama ternyata membuat bokong lebih besar. Para ahli mengatakan bahwa tekanan pada area tubuh yang digunakan untuk duduk, memproduksi lemak hingga lebih dari 50 persen. Alhasil, bokong Anda dapat berubah ukuran dari ukuran yang semula tak terlalu besar. Demikian situs Zeenews Senin (5/12) mewartakan.

Hal ini menjelaskan mengapa perilaku santai dengan duduk di atas sofa, sambil makan makan kecil dapat membuat tubuh menjadi gemuk. Apalagi bila dikombinasikan dengan kurangnya olahraga. Bahkan orang-orang dengan diet sehat dan kebiasaan berolahraga akan terpengaruh jika mereka menghabiskan waktu lama duduk bersantai.

Para peneliti menemukan bahwa sel-sel pada bokong yang tak mendapatkan peregangan dalam jangka waktu lama dapat menjadi sel lemak. Semakin lama terus bertambah bila tak dilakukan peregangan. Solusinya, lakukanlah jalan-jalan santai pada area kerja, atau lakukan selingan aktivitas berdiri. Badan sehat bokong pun tetap pada ukuran ideal Anda. Penelitian ini juga telah dipublikasikan dalam American Journal of Physiology.